POLA KALIMAT BAHASA JEPANG

POLA KALIMAT BAHASA JEPANG

 
NIHONGO O BENKYOUSHIMASHOUUUUU………………..!!!!!!
 
 

だい5か
~とおもいます。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu perkiraan pembicara dengan menyatakan makna “saya pikir…..”.
れい:こいびとはまじめだとおもいます。
    Menurut saya, pacar saya tampan.
~といいます(いいますた)。
Pola kalimat ini digunakan untuk mengutip perkataan orang lain secara langsung atau tidak secara langsung. Jika kalimat yang dikutip langsung maka kalimat yang dikutip tidak ada perubahan dan jika kalimat yang dikutip secara tidak langsung kata kerjalah yang diubah menjadi bentuk kamus.
れい:インダーさんはバリとうへいくと言いました。
    Indah mengatakan bahwa dia ingin pergi ke bali.
    インダーさんは「バリとうへいきたい」といいました。
    Indah berkata “saya ingin pergi ke bali.”
~でしょう。
Pola kalimat ini digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan mengharapkan persetujuan dari lawan bicara. Ketika menerapkannya dalam percakapan maka intonasi pada pola ini dinaikan.
れい:このコーヒーがおいしいでしょう?ええ、おいしいです。
    Kopi ini enak bukan? Iya, enak.
~とき~。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan pengalaman atau perbuatan dimasa lalu. Pola ini diikuti 2 kalimat, yang satu menyatakan situasi atau waktu dan kalimat ke2 menyatakan perbuatan. Jika sebelum ~ときdiikuti kata kerja maka bentuk kata kerjanya harus bentuk kamus. Jika sebelum ~ときdiikuti kata benda maka perlu digunakan partikel の sebelum ~とき. Jika sebelum ~ときdiikuti kata kerja sifat 2 maka perlu digunakan な sebelum ~とき.
れい:こどものとき、私は海でおよぐことがあります。
    Ketika saya kecil, saya pernah berenang di laut.
~について~。
Pola kalimat ini digunakan untuk menerangkan suatu poko kalimat yang menyatakan makna “tentang….”. sebelum ~について harus diikuti kata benda yang menjadi pokok kalimat.
れい:きのうのかしぎについてレポートをかきます。
    Saya menulis laporan tentang rapat kemari

Leave a Reply

