10 Hal yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes

10 Hal yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes

Penderita diabetesPenderita diabetes
inShare
 
 
 
 

Anda tertarik dengan judul ini? Apakah Anda penderita diabetes? Atau, orang yang Anda sayangi menderita diabetes? Berdamai dengan diabetes melitus, apa pun tipe diabetes yang diderita baik tipe 1 maupun 2, tidaklah sulit selama Anda tahu apa yang harus dilakukan dan tak boleh dilakukan.

Tak perlu banyak kata untuk mengantarkan 10 poin yang harus dilakukan penderita diabetes ini. Sepuluh poin dibagi menjadi tiga kelompok; diet, olahraga, dan suplemen. Mari, kita simak masing-masing.

Diet untuk Penderita Diabetes

Apa saja diet yang dianjurkan bagi penderita diabetes? Simak 4 poin pertama yang wajib dilakukan penderita diabetes. (1) Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi karbohidrat serat seperti beras merah, sorghum, oats dan sejenisnya, serta sayuran segar. Yang jelas, hindari nasi putih yang kaya akan karbohidrat.

(2) Daging atau protein yang rendah lemak juga dianjurkan untuk variasi diet Anda. Selingan buah-buahan segar pun bisa dimasukkan dalam menu diet. Susu skim fat bisa menggantikan susu yang biasa Anda minum.

(3) Hindari makanan dengan kadar sodium tinggi (asin) dan makanan kalengan. (4) Tambahkan banyak bawang merah, bawang putih, dan buncis pada menu diet Anda.

Menurut penelitian Prof. Dr. H. Askandar Tjokroprawiro, ahli gizi Universitas Airlangga, ketiga jenis sayuran ini dapat menurunkan kadar lemak dan gula dalam darah sekaligus.

Olahraga Keseimbangan untuk Penderita Diabetes

Olahraga apa yang paling baik dan sesuai untuk penderita diabetes? Anda bisa berjalan ringan selama 30 menit sehari. Minimal Anda lakukan olahraga ini lima hari dalam seminggu.

Tapi, bagaimana jika Anda penderita diabetes akut? Ada tiga jenis olahraga keseimbangan yang sangat disarankan oleh American Diabetes Association.

Usahakan Anda memulainya dengan gerakan ringan untuk membangun keseimbangan, misalnya: (1) Jalan kaki lurus searah baik maju maupun mundur. (2) Berjinjit. Anda juga dapat mencoba (3) duduk dan bangun dari kursi berulang-ulang, atau berdiri dengan satu kaki dan tahan posisi ini selama 30 detik. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Suplemen untuk Penderita Diabetes

Ada tiga jenis suplemen yang paling dianjurkan untuk penderita diabetes diantaranya: (1) suplemen yang mengandung seng, (2) suplemen yang mengandung magnesium, dan (3) suplemen yang mengandung proxeronin.

Dari ketiga jenis suplemen di atas, suplemen dengan kandungan proxeronin adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Salah satu contohnya adalah sari buah Noni (Noni juice).

Lagi pula, proxeronin inilah yang dipercaya paling ampuh menekan kadar gula darah karena zat ini mampu memperbaiki sel beta pankreas. Ketika pankreas Anda diperbaiki, maka ada harapan tubuh Anda mampu memproduksi insulin lebih banyak.

Kerusakan organ akibat gula darah yang tinggi pun bisa dihindari. Dari sepuluh poin di atas, bagaimana menurut Anda? Apakah semuanya sulit dilakukan secara rutin? Jika Anda peduli dengan kesehatan Anda, tak ada yang tidak mungkin di dunia ini, bukan?

Baca informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/10-hal-yang-wajib-dilakukan-penderita-diabetes.html#ixzz2deAgrmhJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s