Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes

Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes

Fruktosa adalah bentuk gula yang terkandung dalam buah-buahan yang memiliki dampak negatif bagi penderita diabetes dan mereka yang kelebihan berat badan. Namun mereka masih bisa menikmati buah mangga atau anggur asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Dokter mendorong penderita diabetes untuk mengkonsumsi buah-buahan tertentu yang tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga dapat mengontrol insulin. Ada sejumlah buah yang cukup bersahabat bagi penderita diabetes. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini…
Beberapa buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes: Buah-buahan

1. Grapefruit merah
Buah grapefruit termasuk dalam keluarga sitrus, bentuknya mirip dengan buah jeruk Bali. Grapefruit sangat populer dan banyak dibudidayakan di Amerika Serikat. Grapefruit merah merupakan pilihan terbaik untuk penderita diabetes. Disarankan untuk mengonsumsi setengah buah grapefruit setiap harinya.
2. Jeruk
Jeruk dikenal karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Buah ini juga rendah karbohidrat dan mengandung kalium. Seperti halnya dengan buah grapefruit, jeruk merupakan pilihan yang aman bagi penderita diabetes.
3. Berry
Keluarga berry seperti blueberry,raspberry,cranberry mengandung anti-oksidan yang baik bagi kesehatantubuh. Selain itu, berry menyediakan serat, karbohidrat rendah, dan berbagai vitamin.
4. Melon
Melon kaya akan vitamin B dan C, serta betakaroten, kalium, dan likopen. Mengkonsumsi melon jenis apapun akan memberikan segudang vitamin yang diperlukan tubuh.
5. Ceri
Ceri mengandung anti-oksidan yang tinggi. Selain itu, buah ceri juga mengandung karbohidrat dan tingkat glikemik yang rendah. Mengkonsumsi 12 buah ceri sehari sudah cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda.
6. Persik
Buah persik merupakan sumber yang baik untuk vitamin A dan C. Buah ini juga rendah karbohidrat, namun kaya kalium dan serat.
7. Aprikot
Buah aprikot (plum) mengandung serat yang tinggi dan vitamin A. Selain itu, buah ini rendah karbohidrat. Aprikot merupakan pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Konsumsi setidaknya satu buah aprikot setiap harinya.
8. Apel
Buah apel juga merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain kaya akan anti-oksidan, buah apel juga mengandung serat dan vitamin C.
9. Kiwi
Buah kiwi mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti vitamin C, serat, dan kalium. Buah ini juga rendah karbohidrat, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
10. Pir
Buah pir diperkaya dengan kalium dan serat. Sama seperti buah kiwi, pir mengandung karbohidrat yang rendah sehingga buah ini sangat tepat untuk dikonsumsi terutama oleh penderita diabetes.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s