SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA MEXICO

SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA MEXICO

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

NAMA : ILMA NURHIDAYATI

KELAS : XII IPA 3

 

 

 

 

 

SMA NEGERI 1 BANJARMASIN

TAHUN AJARAN 2013-2014

 A.  PROFIL NEGARA MEXICO

Nama Asli                               : Estados Unidos Mexicanos

Luas Wilayah                           : 1.978.800 km2

Bentuk Negara                         : Federal

Ideologi                                    : Liberalisme

Kepala Negara                                    : Presiden

Kepala Pemerintahan               : Presiden

Ibukota                                     : Mexico City

  Hari Kemerdekaan                   : Tanggal 16 September (tahun 1810)

Agama                                       : Katolik 97%, Protestan 2%

Bahasa Nasional                        : Spanyol

Mata Uang                               : Peso

Lagu Kebangsaan                     : “Mexicanos Al grits guera”

Semboyan negara Mexico         : PATRIA LIBERTAD TRABAJO Y CULTURA

Hasil Tani                                  : Jagung, kopi, katun, gula, coklat, sisal, pisang

Sumber Alam                          : Minyak, perak, tembaga, emas, timah, seng, gas, kayu

Industri                                   : Baja, kimia, elektronik, tekstil, semen

 Peso adalah mata uang resmi negara Meksiko sejak tahun 1821. Pada tahun 1993, kode mata uangnya berganti dari MXP ke MXN. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100centavo. Setiap mata uangnya terbagi menjadi $20, $50, $100, $200, $500, $1000.

Lambang negara Meksiko adalah simbol penting bagi politik dan budaya Meksikosejak berabad-abad lamanya. Lambang ini menggambarkan Elang emas hinggap di atas kaktus tengah memakan ular. Bagi rakyat Tenochtitlan lambang ini memiliki makna keagamaan yang dalam, tetapi bagi warga Eropa lambang ini bermakna kemenangan kebenaran atas kejahatan. Lambang ini juga digunakan sebagai lencana Negara-negara bagian Meksiko bersatu, versi yang telah dimodifikasi menjadi lambang pemerintah federal.
1. Sebagian besar tinggal di daratan tinggi tengah yg lahannya subur
2. Penduduk asli meksiko adalah etnis india (suku astek)
3. Sekarang sebagian besar adalah keturunan dengan orang negro disebut Zambo
4. Keturunan orang kulit putih dengan negro disebut mulat
5. Bahasa resmi yg di pergunakan adalah bahasa spanyol

            Geografi dan Kondisi Alam: Luasnya sekitar 1,96 juta kilometer persegi. Meksiko merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin, dan negara terbesar di Amerika Tengah, terletak di bagian selatan Amerika Utara, Barat Laut Amerika Latin, letaknya sangat strategis sebagai tempat transisi antara Amerika Selatan dan Amerika Utara, disebut pula Jembatan Darat. Bagian utaranya bertetangga dengan Amerika Seriakt, sedangkan selatannya menyambung Guatemala dan Belize, timurnya di pinggir Teluk Meksiko dan Laut Karibia, baratnya di pinggir Pasifik dan Teluk Kalifornia. Lima per enam wilayahnya adalah dataran tinggi atau pegunungan. Iklimnya panca roba.

Populasi: 106 juta jiwa pada tahun 2005. Jumlah penduduknya mernempati peringkat nomor 2 menyusul Brazil di Amerika Latin, dan nomor 8 di dunia. Orang campur darah Indian-Eropa merupakan 90%, Indian merupakan 10%, dan masih terdapat bule. Bahasa resmi adalah Spanyol, dan 8% penduduk berbahasa Indian. 92,6% penduduk beragama Katolik, dan 3,3% beragama Protestan.

Ibu Kota: Kota Meksiko dengan luasnya 1525 kilometer persegi, dan jumlah penduduk 2 2juta jiwa pada tahun 2005.

  1. B.  SEJARAH NEGARA MEXICO

Selama hampir 3.000 tahun, Meksiko menjadi tempat beberapa peradaban maju seperti peradaban Amerindian, Maya dan Aztec. Tibanya penjajah Spanyol di bawah pimpinan bijak Hernan Cortes pada awal abad ke-16, dan kemenangan mereka atas kaum Aztec pada 1521, menandakan mulanya era pengkolonian Meksiko sebagai Spanyol Baru.

Pada 15 September 1810, kemerdekaan dari Spanyol telah dinyatakan oleh Miguel Hidalgo y Costilla di Dolores yaitu sebuah kota kecil. Ini merupakan titik permulaan peperangan untuk kemerdekaan yang dikenali sebagai Perang Kemerdekaan Meksiko yang berakhir dengan kemerdekaan pada 1821 dan pembentukan Kekaisaran Meksiko yang Pertama Sebuah piramid di kuil Maya, Yucatan.

Selepas merdeka, semua negara di Amerika Tengah kecuali Chiapas, setuju untuk tidak menjadi sebagian anggota kekaisaran ini. Selepas kejatuhan Kekaisaran Meksiko ke tangan pihak republikan di bawah pimpinan Antonio López de Santa Anna, Republik yang pertama telah dibentuk dengan Guadalupe Victoria sebagai Presidennya yang pertama. Di bawah pemerintahan Santa Anna, penduduk di bagian Texan yaitu di Coahuila dan Texas telah memberontak dan menuntut kemerdekaan dari pemerintah Meksiko. Penduduk di sini, terutama penjelajah berbangsa Inggris, telah membentuk Republik Texas.

 Pemberontakan ini telah mencetuskan peperangan yang terkenal yaitu perang di Alamo di antara militer Meksiko dan Texas. Akhirnya pada 1836, Texas mendapat kemerdekaan dan Republik Meksiko semakin mengecil. Pada 1840-an, negara ini telah diserang oleh Amerika Serikat yang mengakibatkan kehilangan wilayah yang amat besar, termasuk Alta California, Arizona, Nevada, Utah dan New Mexico. Pada 1860-an negara ini sekali lagi diserang, kali ini oleh bala tentara Perancis, yang ingin menaikkan Archduke dari Austria Ferdinand Maximillian sebagai Maharaja Meksiko, dengan sokongan pendeta Katolik dan golongan Creole yang konservatif. Namun pemerintahan beliau berakhir dengan peristiwa berdarah, di mana Benito Juarez bekas presiden Meksiko telah dilantik kembali sebagai Presiden. Pada mulanya, Jenderal Ignacio Zaragoza berhasil menewaskan tentara Perancis pada 5 Mei (atau Cinco de Mayo, dalam bahasa Spanyol) 1862 dalam Perang Puebla tetapi akhirnya terpaksa mengalah, dan Napoleon III dari Perancis, Maharaja Perancis, telah mengangkat Ferdinand Maximillian dari Austria sebagai Raja Meksiko pada 1864. Namun dalam masa yang singkat yaitu hanya tiga tahun, kerajaan Maximillian telah ditumbangkan oleh Juarez dan ia dihukum bunuh.

Selepas kematian Juárez, anarki telah terjadi dan berlarut-larut selama 30 tahun bermula dengan Pemberontakan Meksiko yang diketuai oleh Porfirio Díaz pada tahun 1910. Tokoh-tokoh yang terkenal sewaktu Pemberontakan Meksiko termasuklah Francisco I. Madero, Venustiano Carranza, Pancho Villa, Alvaro Obregon, Victoriano Huerta, dan Emiliano Zapata. Kaum pemberontak telah menewaskan tentara persekutuan, tetapi mereka terpaksa menghadapi pergolakan di dalam dan negara berada dalam keadaan konflik selama dua dekade lagi. Pemberontakan berakhir pada 1930-an, Partai Institusi Revolusi (PRI) mengambil alih pucuk pemerintahan dan berkuasa selama 70 tahun hingga akhir abad ke-20. PRI merupakan suatu barisan yang terdiri dari beberapa kelompok pemberontak yang menginginkan pertandingan politik berjalan secara aman. Pada Juli 2000, Partai Aksi Nasional (PAN) yang dipimpin oleh Vicente Fox Quesada telah berhasil merampas negara ini dari PRI melalui pemilu yang bebas.

Krisis pertama yang dihadapi oleh Presiden Fox ialah pemberontakan di Chiapas olh kelompok Ejército Zapatista de Liberación Nacional (EZLN). Chiapas merupakan negera bagian yang termiskin di Meksiko dan pemberontakan telah bermula sejak 1994. Sebaik sahaja diangkat sebagai Presiden, ia telah mengarahkan semua laskar segera mundur dari negeri tersebut. Jalan raya pemisah juga ditarik balik dan markas militer di sana telah ditutup. Setahun selepas itu, satu perjanjian damai telah dibuat dengan kelompok pemberontak EZLN. Di samping itu, Presiden Fox terpaksa berhadapan dengan masalah kebijakan di negara ini yang terkenal dengan pengambilan sogok. Ini ditambah pula dengan tingkat kejahatan yang amat tinggi terutama di Mexico City merupakan masalah yang utama di negara ini.

Berikut adalah daftar kota besar di Meksiko diurut berdasarkan populasi:

  1. Mexico City, Distrito Federal (22 juta)
  2. Guadalajara, Jalisco (4,7 juta)
  3. Monterrey, Nuevo León (3,6 juta)
  4. Puebla, Puebla (2,6 juta)
  5. Ciudad Juárez, Chihuahua (1,8 juta)
  6. Tijuana, Baja California (1,5 juta)
  7. León, Guanajuato (1,2 juta)
  8. Toluca, México (1,2 juta)
  9. Torreón, Coahuila (1,1 juta)
  10. San Luis Potosí, San Luis Potosí (0,8 juta)
  11. Mérida, Yucatán (0,8 juta)
  12. Santiago de Querétaro, Querétaro (0,8 juta)
  13. Aguascalientes, Aguascalientes (0,7 juta)
  14. Cuernavaca, Morelos (0,7 juta)
  15. Chihuahua, Chihuahua (0,7 juta)
  1. C.  SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA MEXICO

            Konstitusi 1917 memperuntukkan sebuah pemerintahan Persekutuan Republik dengan kekuasaan yang dibagikan kepada tiga institusi yang bebas yaitu eksekutif, legislatif, dan kehakiman. Dari segi sejarah, eksekutif sangat mendominasi kekuasaan lewat jabatan presiden. Sedang, kekuasaan hukum dalam Kongres tinggal mengikuti arahannya saja. Kongres terlihat aktif kembali sejak 1997 ketika partai oposisi tampil pertama dalam mayoritas legislatif.

            Namun demikian, sejak partai oposisi mengambil alih kekuasaan pada 1997, Kongres semakin bebas dalam menggubal undang-undang. Presiden juga mempunyai kuasa di bawah perintah eksekutif untuk merancang undang-undang dalam bidang ekonomi dan keuangan yang tertentu. Presiden dipilih setiap enam tahun dan dia dilarang memegang jabatan yang sama untuk penggal kedua. Di Meksiko, tiada jabatan wakil presiden. Sekiranya seseorang Presiden itu dilucutkan jabatan atau meninggal dunia, Kongres akan melantik seorang Presiden Sementara.

            Pada 21 Juli 2000, Vicente Fox Quesada dari partai oposisi “Aliansi untuk Perubahan“, yang diketuai oleh Partai Aksi Nasional (PAN), telah dipilih sebagai Presiden dalam satu pemilu yang dianggap terbersih dan paling bebas dalam sejarah Meksiko. Fox memulai penggal enam tahunnya pada 1 Desember 2000. Kemenangannya telah mengakhiri dominasi Parti Institusi Revolusi (PRI) selama 71 tahun sebagai partai pemerintah.

Pada 2006, Felipe Calderón Hinojosa yang diusung PAN berhadapan dengan Andrés Manuel López Obrador yang dicalonkan PRD dalam sebuah pemilu tertutup. Pada 6 September 2006, Felipe Calderón Hinojosa dinyatakan memenangi Pemilu Presiden Meksiko dalam electoral tribunal.

            Sejak 1943, lagu kebangsaan Meksiko mengandung chorus, stanza pertama, stanza kelima, stanza keenam, dan stanza kesepuluh. Ketika lagu kebangsaan diputar pada saat ajang olahraga seperti olimpiade, bagian yang diputar hanyalah chorus, stanza pertama, dan chorus.

Mexico terletak di Amerika Utara.  Secara geografis letak Mexico sangat strategis, yaitu merupakan jembatan penghubung antara Amerika Serikat dan Amerika Latin.  Karena itulah, Mexico kaya akan budaya dengan berbagai macam bahasa, pakaian, adat dan makanan.  Sehingga untuk mengidentifikasikan penduduknya pemerintah membaginya berdasarkan bahasa yang di gunakan.

Lambang ini mengabadikan kisah berdirinya kota Mexico City, yang saat itu bernama Tenochtitlan. Legenda ini berkisah tentang bangsa Meksika atau juga dikenal dengan nama bangsa Aztek, yang melihat adegan elang dan ular di atas kaktus, kejadian ini dijadikan pertanda dari dewa bahwa di tempat inilah lokasi terbaik berdirinya ibu kota baru mereka. Legenda Tenochtitlan tercantum dalam naskah asli Kodeks Mexica, lukisan, dan kodeks pasca-Cortes yang menghilangkan bagian ularnya.

Konstitusi 1917 memberikan sebuah republik federal dengan kekuasaan dipisahkan menjadi eksekutif independen, legislatif, dan yudikatif. Secara historis, eksekutif telah menjadi cabang dominan, dengan kekuasaan dipegang oleh presiden, yang Mengumumkan dan mengeksekusi hukum Kongres. Kongres telah memainkan peran yang semakin penting sejak tahun 1997, ketika partai-partai oposisi pertama membuat keuntungan besar. Presiden juga melegalkan oleh keputusan eksekutif di bidang ekonomi dan keuangan tertentu, dengan menggunakan kekuasaan yang dilimpahkan oleh Kongres. Presiden dipilih oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jangka waktu 6 tahun dan mungkin tidak memegang jabatan kedua kalinya. Tidak ada wakil presiden, dalam hal pemindahan atau kematian presiden, presiden sementara dipilih oleh Kongres.
            Kongres terdiri dari Senat dan Chamber of Deputies’. Senator dipilih untuk 6-tahun istilah, dan deputi melayani 3-tahun. 128 kursi Senat diisi oleh campuran perwakilan langsung-pemilu dan proporsional. Di majelis rendah, 300 wakil secara langsung dipilih untuk mewakili distrik anggota tunggal, dan 200 yang dipilih oleh suatu bentuk modifikasi dari representasi proporsional dari lima daerah pemilihan.. Para 200 kursi perwakilan proporsional diciptakan untuk membantu partai-partai kecil mendapatkan akses ke Kamar.
            Peradilan ini dibagi ke dalam sistem pengadilan federal dan negara, dengan pengadilan-pengadilan federal memiliki yurisdiksi atas kasus-kasus sipil dan beberapa kejahatan yang paling utama. Menurut konstitusi, percobaan dan hukuman harus diselesaikan dalam waktu 12 bulan penangkapan untuk kejahatan yang akan membawa setidaknya hukuman 2-tahun. In practice, the judicial system often does not meet this requirement. Dalam prakteknya, sistem peradilan sering tidak memenuhi persyaratan ini. Terdakwa memiliki hak untuk nasihat, dan pembela umum yang tersedia. Hak-hak lainnya termasuk pertahanan terhadap memberatkan diri sendiri, hak untuk menghadapi penuduh seseorang, dan hak untuk pengadilan public. Hakim Mahkamah Agung diangkat oleh presiden dan disetujui oleh Senat.

D. KONDISI POLITIK
            Presiden Felipe Calderon dari PAN terpilih pada tahun 2006 dalam perlombaan yang sangat ketat, dengan margin kurang dari 1% jumlah suaranya memisahkan dari yang Andres Manuel Lopez Obrador (“AMLO”) Revolusi kiri-tengah Partai Demokrat (PRD). AMLO diperebutkan hasil pemilu, menuduh bahwa itu dirusak oleh kecurangan yang meluas. Pengadilan federal Pemilihan Meksiko, sementara mengakui adanya penyimpangan acak-terdistribusi, menolak tuduhan penipuan AMLO yang luas dan menjunjung kemenangan Calderon pada tanggal 5 September 2006.

            Partai Aksi Nasional Presiden Calderon saat ini adalah partai terbesar di Senat namun kehilangan mayoritas di Kamar Deputi pada pemilu Juli 2009. PRI memperoleh mayoritas de facto (melalui aliansi dengan pihak lain) pada mereka pemilu di mana setiap Chamber of Deputies kursi itu untuk suara. Meskipun PRI tidak mengontrol kepresidenan atau mayoritas di Senat, ia tetap menjadi kekuatan yang signifikan dalam politik Meksiko, memegang atau setelah baru-baru telah terpilih untuk 19 dari 31 gubernur dan sering memainkan peran penting dalam membentuk koalisi di Kongres. Pemilu nasional berikutnya – untuk presiden, semua 128 kursi di Senat, dan semua 500 kursi di Kamar Deputi – akan berlangsung pada bulan Juli 2012. Pada tahun 2010, pemilihan diadakan di 14 dari 31 negara Meksiko. PRI memenangkan sembilan dari 12 gubernur untuk pemilihan, sementara aliansi kenyamanan antara PAN, PRD, dan partai kecil di tiga negara menunjukkan bahwa PRI bisa dikalahkan.

DAFTAR PUSTAKA

http://rzkisneni19.blogspot.com/2013/05/sistem-pemerintahan-sama-dengan-sistem.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Meksiko

http://www.anneahira.com/sistem-pemerintahan-meksiko.htm

http://kariae923.blogspot.com/2012/12/negaramexico-negaraini-terletak-di.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s