Pudding Lemorette, How to Make it ???

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

PEMANFAATAN WORTEL DAN LEMON MENJADI PRODUK CEMILAN SEHAT BERUPA PUDING LEMORETTE (LEMON & CARROT) SEBAGAI PELUANG USAHA DI MALANG

 

BIDANG KEGIATAN

PKM KEWIRAUSAHAAN

 

DI SUSUN OLEH :

 

Aulia Tamara (201410410311134)

Dwi Esti Vania (201410410311147)

Fitri Arinda (201410410311133)

Gita Annisa Fadilla (201410410311107)

Hanan Rumaisah (201410410311146)

Ilma Nurhidayati (201410410311129)

 

S-1 FARMASI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

KOTA MALANG

2014


DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI. 1

BAB I. 2

PENDAHULUAN.. 2

  1. JUDUL PROGRAM… 2
  2. LATAR BELAKANG.. 2
  3. PERUMUSAN MASALAH.. 3
  4. TUJUAN.. 3

BAB II. 4

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA.. 4

  1. WORTEL (Daucus carota). 4
  2. LEMON (Citruslimon). 4
  3. AGAR-AGAR. 5

BAB III. 7

Alat dan Bahan. 7

  1. Alat. 7
  2. Bahan. 7
  3. Cara Pembuatan. 7
  4. Rencana Pencapaian. 8
  5. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran. 8
  6. METODE PELAKSANAAN.. 8
  7. ANGGARAN BIAYA.. 9

DAFTAR PUSTAKA.. 11

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    JUDUL PROGRAM

“ PEMANFAATAN WORTEL DAN LEMON MENJADI PRODUK CEMILAN SEHAT BERUPA PUDING LEMORETTE (LEMON & CARROT) SEBAGAI PELUANG USAHA DI MALANG”

B.     LATAR BELAKANG

Bukan rahasia lagi jika anak kecil tidak menyukai sayuran, mulai dari sayuran hijau hingga sayuran berwarna terutama wortel. Wortel yang memiliki warna oren yang menarik, tetap tidak menarik perhatian anak-anak untuk menyukai sayuran, padahal setiap sayuran memiliki kandungan yang bervariasi. Perilaku hidup sehat dengan begini susah untuk diterapkan, karena terkadang tidak hanya anak kecil yang tidak menyukai sayuran bahkan orang dewasa. Jajanan yang beredar sekarang ini pun semakin memperburuk pola hidup sehat yang ingin kita raih. Oleh karena itu, kami membuat sebuah terobosan cemilan sehat dengan bahan utama wortel dan lemon. Dengan adanya produk olahan dari campuran wortel dan lemon berupa puding, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat sebagai cemilan sehat. Puding ini memiliki nilai gizi yang tinggi baik gizi yang berasal dari wortel maupun dari lemon. Selain itu dapat meningkatkan nilai ekonomis dari wortel, dapat menjadi salah satu alternative peluang usaha sehingga akan terciptanya lapangan pekerjaan baru juga sebagai cemilan variasi baru, yang selain enak juga menyehatkan.

C.    PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas, dapat ditarik suatu perumusan masalah yaitu :

  1. Bagaimana pengolahan wortel dan lemon menjadi puding Lemorette sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis wortel ?
  2. Bagaimana cara pemasaran produk cemilan puding Lemorette sebagai produk baru di masyarakat ?

D.    TUJUAN

Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu :

  1. Meningkatkan nilai guna dan nilai ekonomis wortel.
  2. Menciptakan peluang usaha bagi mahasiswa .
  3. Menyediakan dan memperkenalkan produk inovasi dari .
  4. Membuat cemilan sehat dan pas di kantong mahasiswa.


BAB II

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

1.      WORTEL (Daucus carota)

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih. Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

2.       LEMON (Citrus limon)

Sitrunjeruk sitrun (dari bahasa Belandacitroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.

Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di SpanyolPortugalArgentinaBrasilAmerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F). Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram umbi talas terdapat dalam tabel berikut : Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.

3.      AGAR-AGAR

 Agar-agaragar atau agarosa adalah zat yang biasanya berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga. Di Jepang dikenal dengan nama kanten dan oleh orang Sunda disebut lengkong. Jenis rumput laut yang biasa diolah untuk keperluan ini adalah Eucheuma spinosum (Rhodophycophyta). Beberapa jenis rumput laut dari golongan Phaeophycophyta (Gracilaria dan Gelidium) juga dapat dipakai sebagai sumber agar-agar. Agar-agar dieksport dari Melaka sejak 1871. Agar-agar sebenarnya adalah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Agar-agar dapat dibentuk sebagai bubuk dan diperjualbelikan.

Gel terbentuk karena pada saat dipanaskan di air, molekul agar-agar dan air bergerak bebas. Ketika didinginkan, molekul-molekul agar-agar mulai saling merapat, memadat dan membentuk kisi-kisi yang mengurung molekul-molekul air, sehingga terbentuk sistem koloid padat-cair. Kisi-kisi ini dimanfaatkan dalam elektroforesis gel agarosa untuk menghambat pergerakan molekul objek akibat perbedaan tegangan antara dua kutub. Kepadatan gel agar-agar juga cukup kuat untuk menyangga tumbuhan kecil sehingga sangat sering dipakai sebagai media dalam kultur jaringan.

Kandungan yang ada dalam agar-agar:
Banyaknya Agar-Agar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Agar-Agar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Lemak Agar-Agar = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Agar-Agar = 400 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Agar-Agar = 125 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Agar-Agar = 5 mg

BAB III

Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan serta cara pembuatan kerupuk TALBI (Talas Ebi) adalah sebagai berikut :

A.     Alat

Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan puding Lemorette adalah

  • panci,
  • blender,
  • saringan,
  • pengaduk,
  • cetakan puding

B.     Bahan

  • Wortel 1kg
  • Lemon 1 buah
  • Santan secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air secukupnya

C.    Cara Pembuatan

  1. Menyiapkan alat dan bahan.
  2. Mengupas kulit wortel kemudian mencucinya hingga bersih.
  3. Menghaluskan wortel lalu menyaring sarinya.
  4. Mencampurkan sari wortel dengan santan
  5. Menambahkan perasan lemon, garam, gula, susu kental manis, dan serbuk agar-agar.
  6. Memanaskan campuran tersebut hingga mendidih ± 15 menit.
  7. Memasukkan ke dalam cetakan, tunggu hingga mengeras.

D.    Rencana Pencapaian

Perencanaan menajemen yang digunakan adalah general partnership yaitu semua anggota ikut secara aktif mengoperasikan bisnis serta bersama-sama bertanggung jawab, termasuk tanggung jawab yang tak terbatas terhadap hutang-hutang bisnis. Namun dalam pelaksanaan teknis ada pembagian tugas masing-masing sesuai kesepakatan bersama. Selain itu akan diadakannya kerjasama dengan beberapa pedagang skala menengah ke bawah dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan pengusaha skala atas untuk membantu memasarkan produk puding Lemorette ini sehingga dapat dengan cepat dikenal dan diminati oleh masyarakat.

E.      Gambaran Umum Masyarakat Sasaran

Adapun masyarakat yang akan dijadikan sasaran dalam pemasaran produk puding Lemorette ini adalah masyarakat yang ada di Malang terutama pada daerah:

  1. Masyarakat yang tersebar di sekitar kampus.
  2. Mahasiswa dan dosen di kampus Universitas Muhammadiyah Malang.
  3. Mini market dan warung-warung makanan yang tersebar di sekitar kampus.

F.     METODE PELAKSANAAN

           Langkah-langkah pelaksanaan program sebagai berikut :

  1. Persiapan bahan baku

Adalah rangkaian kegiatan mulai dari pembelian bahan baku berupa wortel dan lemon yang baik dan segar. Selanjutnya bahan baku yang telah diperoleh kemudian di sortasi untuk menghilangkan bahan baku yang dianggap kurang baik untuk diolah, misalnya terdapat cacat, busuk dan sebagainya.

  1. Pengolahan

Tahapan ini merupakan  kegiatan mulai dari proses pengupasan bahan baku, pencucian, pengirisan, hingga bahan baku siap untuk dilakukan pengolahan

  1. Pembuatan puding Lemorette

Merupakan rangkaian proses pengolahan bahan mentah dari wortel dan lemon,  selanjutnya diolah menjadi puding Lemorette yang siap untuk dikonsumsi. Kemudian akan diadakan beberapa uji untuk membuktikan apakah puding Lemorette ini baik untuk dikonsumsi baik penelitian di laboratorium maupun menguji secara langsung kepada masyarakat sehingga akan diketahui respon masyarakat terhadap produk puding Lemorette ini.

  1. Paket Teknologi Produk dan Pengemasan

Dilakukan untuk mengetahui tentang teknologi produk yang dihasilkan, perkiraan daya simpan produk yang dihasilkan dan teknologi pengemasan yang sesuai dengan produk guna mempertahankan mutu dan kualitas produk. Teori yang diberikan berkaitan dengan sifat fisik dan karakteristik bahan, pengetahuan tentang pengemasan dan labeling produk.

  1. Promosi dan Pemasaran

Setelah keempat paket kegiatan diatas selesai dilaksanakan maka akan dilakukan promosi dan pemasaran yang akan dilakukan dengan beberapa cara yaitu langsung dijual kepada konsumen dimulai dari para mahasiswa UMM lalu ke toko-toko yang banyak dikenal masyarakat atau toko-toko yang telah berkompeten dalam bidang pendistribusian makanan serta langsung menuju masyarakat sasaran yang telah ditentukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s